Google Resmi Menjadi Anak dari Perusahaan Alphabet

Google Resmi Menjadi Anak dari Perusahaan Alphabet

Zonagadget Google Inc, perusahaan mesin pencari raksasa, akhirnya resmi menjadi bagian dari Alphabet, setelah penutupan perdagangan saham di Amerika Serikat, Jumat (2/10/2015).
Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.
Google Resmi Menjadi Anak dari Perusahaan Alphabet

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil".Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.(Resource : wikipedia)
Sebelumnya, Google mengumumkan akan mengubah struktur perusahaannya dengan membentuk induk usaha bernama Alphabet. Dengan induk usaha baru, bisnis yang dijalankan akan lebih independen dan bergerak cepat.


"Bisnis utama Google, yang meliputi mesin pencari, YouTube, hingga Android, akan menjadi anak usaha yang sepenuhnya dimiliki oleh Alphabet," demikian seperti dilaporkan Business Insider, Sabtu (3/10/2015).



Bisnis utama tersebut akan terpisah dengan unit bisnis yang lebih kecil, seperti manufaktur hardware Nest, dan selanjutnya akan dibangun sebagai perusahaan sendiri di bawah naungan Alphabet.



Setiap anak usaha akan memiliki CEO sendiri, termasuk Founder Google, Larry Page yang akan menjadi CEO Alphabet.



Kemarin juga turut menandai pengajuan Alphabet sebagai perusahaan resmi, termasuk meresmikan pembentukan struktur baru. Toh demikian, tidak akan ada perubahan pada operasinal sehari-hari.



Selain Google banyak perusahaan yang di bawah naungan alphabet, Perusahaan lain yang dinaunginya sebagian besar mungkin sudah tidak asing di telinga pemerhati bisnis teknologi. Sebab, mereka merupakan pecahan dari divisi di Google Inc. Sebut saja Calico, Google X, Fiber, Google Ventures, Google Capital, dan Nest.


Google Resmi Menjadi Anak dari Perusahaan Alphabet




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top