Pada tahun 2020, Huawei akan menghadirkan jaringan 5G dengan kecepatan 3,6 Gbps

Pada tahun 2020, Huawei akan menghadirkan jaringan 5G dengan kecepatan 3,6 Gbps

Perusahaan Raksasa telekomunikasi Huawei dan operator seluler Jepang NTT DoCoMo telah meluncurkan kecepatan internet mobile 3.6Gbps yang di tes pertama di dunia skala besar jaringan publik dari 5G. Tempat percobaan dilakukan di kota Chengdu di Provinsi Sichuan, Cina, pada 7 Oktober.

Huawei 5G
Semua 24 perangkat pengguna di seluruh kota itu bisa mendapatkan kecepatan download 3.6Gbps pada jaringan frekuensi nirkabel berjalan pada sub-6GHz. Ini adalah pertama kali sejak semua tes 5G sebelumnya telah dilakukan di dalam ruangan dalam lingkungan terkendali, daripada di luar ruangan di kota di mana bangunan dan infrastruktur dapat memblokir frekuensi seluler.

Sebagai perbandingan, jaringan 4G EE di Inggris, yang merupakan terbesar di Eropa, hanya menawarkan 300Mbps kecepatan data maksimum. Kami baru saja mulai terbiasa dengan 4G namun operator seluler berencana untuk masa depan semua orang dna terus datang dengan cara-cara inovatif untuk menggunakan smartphone dan tablet, yang berarti jumlah besar data mobile sedang digunakan.

Jika semua orang streaming YouTube dan Netflix ke ponsel mereka saat men-download banyak aplikasi dan meng-upload video dan foto ke media sosial, ditambah jaringan mobile juga mendukung mobil terhubung dan Internet of Things (IOT) memungkinkan perangkat pintar ini, maka jaringan akan cepat menjadi padat dan pelanggan akan menjadi tidak senang.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, industri telekomunikasi berharap untuk mengkomersilkan 5G pada tahun 2020, dengan China dan Uni Eropa bekerja sama untuk bersama-sama meneliti teknologi sehingga awal dari 5G standar nirkabel dapat dibentuk pada tahun 2016.

Badan-badan industri seperti Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan Asosiasi GSM (GSMA) belum menentukan standar apapun untuk 5G, istilah yang digunakan untuk menggambarkan jaringan mobile generasi berikutnya yang diharapkan memiliki kecepatan sangat cepat.

Pada bulan Oktober 2014, Samsung Electronics mengatur rekaman pertama dengan mencapai kecepatan nirkabel dari 7.5Gbps di tes di perusahaan DMC R & D Centre di Samsung Electronics di Suwon, Korea Selatan. Tapi pada bulan November 2014, rekor dipukuli oleh University of Surrey 5G Pusat Inovasi (5GIC), yang didirikan oleh sejumlah mitra industri telekomunikasi termasuk Huawei, Fujitsu, EE, Aircom, BT, Samsung, Telefonica, Vodafone, Aeroflex dan Rohde & Schwarz, serta BBC.

5GIC mencapai kecepatan 0,8 terabit (800Gbps) dalam tesnya. Kemudian pada 25 Februari, mengalahkan rekornya sendiri dengan menekan 1Tbps, yang saat ini menjadi rekor dunia.

Namun, ketika datang dan menilai 5G kecepatan nirkabel, jarak dan frekuensi spektrum jaringan juga penting. Jadi sementara 5GIC mungkin telah mengurangi kecepatan maksimumnya, tes mereka dilakukan lebih dari jarak hanya 100 m dan tidak diketahui apa jenis jaringan yang digunakan, dibandingkan dengan tes Samsung, yang lebih jauh keluar dengan jarak 4.35km dan menggunakan jaringan 28GHz.


Ofcom mengatakan 5G mungkin bisa juga tersedia di Inggris pada tahun 2020 dan itu percaya 5G ponsel harus mampu memberikan kecepatan antara 10-50Gbps, sementara kontras 4G saat ini menawarkan kecepatan download rata-rata 15Mbps.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top